Kebenaran Tentang Backlink Nofollow

Sudahkah anda menghindari link nofollow saat mengerjakan SEO anda?

Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa nofollow SEO links sebenarnya memiliki tempat dan waktunya. Setelah Anda memahami link nofollow lebih baik, Anda dapat belajar bagaimana menggunakan tautan nofollow untuk keuntungan Anda, alih-alih menghapus peluang ini.

Dalam panduan penting ini, jasa backlink akan membahas apa yang bisa dilakukan link SEO nofollow untuk situs Anda.

Mengapa Menggunakan Link SEO Nofollow?

Tautan adalah bagian penting dari SEO. Namun, tidak semua link sama saja. Anda mungkin memiliki pegangan pada tautan balik, tautan internal, dan tautan eksternal. Namun, link nofollow adalah cerita lain.

Yang benar adalah bahwa dibutuhkan campuran berbagai jenis tautan untuk membuat strategi SEO yang sukses, dan tautan nofollow sama seperti sebagian dari strategi sebagai selebihnya.

Apa yang membuat link nofollow, dan mengapa mereka sangat berguna? Mari kita masuk ke dalamnya.

Setiap link dijelajahi atau “diikuti” oleh mesin pencari secara default, kecuali jika Anda memberi instruksi sebaliknya. Cara menginstruksikan mesin pencari untuk tidak merayapi link adalah dengan menggunakan atribut nofollow.

Atribut ini adalah bagian kecil dari kode HTML yang berbunyi sebagai:

Secara umum, Anda ingin Google mengikuti tautan yang Anda poskan. Jika tautan tersebut relevan dan bermanfaat bagi pembaca, Google tidak akan menghukum blog Anda.

Namun, tautan nofollow dapat membantu beberapa jenis tautan yang akan dikenai Google. Sekarang, mari kita lihat apa itu.

  1. Link Produk

Demikian pula, Anda harus selalu nofollow link ke produk yang Anda masukkan di situs Anda. Terkadang, Anda mungkin setuju untuk menempatkan tautan di situs Anda sebagai imbalan atas layanan atau produk perusahaan, namun pastikan untuk tidak mengikuti mereka setiap saat.

  1. Tinjau Link

Untuk link review standar dan tidak berbayar, Anda bisa menggunakan link follow reguler. Tapi untuk link paid review Anda pasti ingin membuat mereka tidak mengikuti setiap saat. Jika Anda mengizinkan tautan ke produk yang Anda bayar untuk ditinjau untuk diikuti, Google akan menghukum Anda.

  1. Link Afiliasi

Hal yang sama berlaku untuk link afiliasi. Jika Anda akan mendapatkan uang dari penjualan yang menggunakan link yang Anda poskan, selalu buat mereka nofollow.

Google mengakui link afiliasi sebagai sumber pendapatan potensial, itulah sebabnya ia menghukum mengikuti link afiliasi. Google menggunakan ini untuk mencegah situs menggunakan skema afiliasi – namun jika Anda melakukannya, cukup buat tautan nofollow.

  1. Link yang teduh

Jika, karena alasan tertentu, Anda memiliki tautan ke situs yang teduh atau tidak dapat dipercaya di blog Anda, pastikan tidak ada masalah sehingga Anda tidak dikenai hukuman karena perilaku situs tersebut.

Apa situs yang tidak dapat dipercaya? Situs apa pun di industri yang dikenal karena spam, atau situs dengan konten yang tidak dibangun dengan baik. Situs berkualitas rendah ini akan berdampak negatif pada peringkat pencarian Anda jika tidak.

  1. Tautan Tidak Terindeks

Jika Anda tidak melihat salah satu tautan Anda, penting bagi Anda untuk tidak mengikutinya juga.

Tautan noindex mencegah munculnya laman di penelusuran Google, meskipun tautan ditautkan. Ini memungkinkan Anda mengontrol halaman mana yang dapat diakses di situs Anda. Jika Anda tidak ingin tautan berkualitas rendah ini mengacaukan rangking Anda, pastikan untuk menambahkan tag nofollow juga.

  1. Tautan yang Digunakan dalam Gambar atau Widget

Anda juga harus mengubah link yang Anda fitur dalam widget atau gambar ke nofollow SEO link.

Misalnya, jika Anda ingin menampilkan ikon dengan tautan di situs web pihak ketiga, pastikan itu adalah tautan nofollow. Jika tidak, Google dapat melihatnya sebagai skema tautan dan menghukum situs Anda.

  1. Tautan Posting Tamu

Google telah menyatakan bahwa ia menghukum posting tamu untuk tujuan SEO. Jika Anda ingin menghindari murka Google, pastikan untuk membuat link nofollow tersebut.

  1. Halaman Admin

Ada beberapa halaman standar di situs Anda yang tidak perlu diikuti oleh Google, termasuk keranjang, privasi, login, persyaratan penggunaan, dan sebagainya. Silakan membuat link SEO nofollow.

  1. Tombol Media Sosial

Jika Anda menyertakan tombol berbagi media sosial di situs Anda, Anda juga ingin mengabaikannya juga.

Dalam kasus ini, Google tidak akan menghukum Anda karena memiliki tautan sebagai berikut. Namun, Anda tidak ingin memberikan ekuitas link yang berharga ke situs web luar, terutama situs media sosial masif.

Pentingnya Link SEO Nofollow

Mari menggali lebih dalam mengapa strategi nofollow ini penting.

Google mengklaim bahwa ia tidak akan mentransfer anchor text atau PageRank pada link yang ditandai sebagai nofollow. Namun, Google dikenal karena tidak selalu mematuhi peraturan yang ditetapkannya.

Terkadang, Google benar-benar bisa mengikuti dan mendaftarkan link yang ditandai “nofollow.” Misalnya, semua link di Wikipedia ditandai nofollow. Namun, sebuah backlink dari Wikipedia membuat perbedaan besar dalam peringkat sebuah situs, mengisyaratkan bahwa Google tidak mengikuti beberapa link nofollow.

Alasan untuk ini mungkin karena Google mengetahui situs masif seperti Wikipedia tidak akan menggunakan tautan berkualitas rendah atau spam, sehingga secara otomatis menghitung tautan Wikipedia.

Ini berarti bahwa tautan dari situs web berharga mungkin diikuti, tidak peduli bagaimana mereka ditandai.

Tentu saja, meski link nofollow sebenarnya tidak diikuti oleh Google, mereka tetap bisa diikuti oleh pengguna web. Setiap tautan dapat menghadirkan calon pelanggan ke situs Anda dan menerjemahkannya ke konversi yang berharga.

Tautan nofollow yang membawa lalu lintas yang bagus merupakan bagian penting dari strategi SEO yang solid. Link juga membangun lebih banyak link, dari segala jenis. Jadi, link nofollow akhirnya bisa diterjemahkan ke dalam link dofollow, terutama jika berasal dari situs yang berharga.

Siap Pakai Link Nofollow?

Link Nofollow mendapatkan rap buruk, tapi sebenarnya itu adalah bagian penting dari strategi SEO Anda.

Pastikan untuk secara strategis menandai tautan yang benar sebagai nofollow, sementara juga menyambut tautan nofollow dari situs ternama jika Anda bisa mendapatkannya. Dengan pendekatan ini, Anda akan menumbuhkan lalu lintas Anda dalam waktu singkat.

Ingin mendapatkan bantuan membangun link? Anda tidak perlu melakukannya sendiri – periksa mengapa Anda harus menggunakan agen backlink di sini.